Friday, April 06, 2007

MENEMUKAN METODA ADMINISTRASI YANG INOFATIF DI SEKOLAH

14 maret yang lalu presiden SBY meresmikan jaringan pendidikan Nasional, jaringan data elektronik ini rencananya menjadi lalu lintas data dan komunikasi lebih dari 3600 SMA, 84 perguruan tinggi. tentu dapat dibayangkan data yang akan keluar masuk melalui kanal Jardiknas.

Berbagai tantangan akan muncul dalam rangka mengoptimasi manfaat dari Jardiknas. salah satunya adalah entri dan pengelohan data yang dikirim dari tiap sekolah ke server Jardiknas. maka tim Jardiknas mengantisipasi dengan Standardisasi Sistem Kode Entri

Mengacu pada paparan tim Jardiknas di Websitenya. Sistem Kode Entri yang sedang dilakukan adalah melakukan standardisasi NOMOR POKOK SEKOLAH (NPS), NOMOR INDUK SISWA NASIONAL (NISN),dan NOMOR UNIK PENDIDIK & TENAGA KEPENDIDIKAN (NUPTK)

Selama ini belum semua sekolah maupun dinas pendidikan telah sesuai denga standar tersebut dan dalam mengadaptasi standar jardiknas diperlukan usaha rapi dan proses sesederhana mungkin agar sekolah dapat tetap fokus melakukan misinya sebagai garda terdepan pendidikan nasional yaitu melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran kepada para anak bangsa.

Kegiatan tersebut terangkum dalam apa yang disebut KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR. interaksi guru dan murid serta diantara merekalah yang kemudian merupakan inti sasaran teknis yang mengangkat kualitas PENDIDIKAN NASIONAL.

Sehingga segala macam inofasi administrasi dalam proses pendidikan tentunya sangat membantu pencapaian tujuan pendidikan.

Proses Administrasi yang terjadi di Sekolah antara lain:

Penerimaan Siswa Baru
Pengumuman Hasil Ulangan/Ujian/Try Out
Pengurusan Iuran Sekolah
Pengurusan Kepangkatan dan Status tenaga pendidik
Pembuatan Buku Induk Siswa
Pembuatan Buku Induk Tenaga Pendidik

hal-hal ini apabila tidak dikelola dengan baik akan menghambat proses belajar mengajar disekolah selain itu juga akan menghambat proses mendapatkan grant/bantuan baik dari pusat maupun daerah

So, semestinya kita semua mulai memperhatikan metoda yang dapat membantu kelancaran proses administrasi di bidang pendidikan!

No comments: