Thursday, April 05, 2007

COMPANY SETUP

Setiap pengusaha pasti pernah melalui hal ini, mempersiapkan sebuah badan usaha yang membantu kinerja dia dalam menjalankan sebuah bisnis. ini terjadi pada saya saat ini.

Duta Media Mardhika, namanya. ceritanya sih ingin menjadi jalan untuk mencapai kemerdekaan. entah orang lain dengan melihat deskripsi nama ini , maka menjadi punya pemikiran sebagai organisasi pergerakan politik atau hanya sebagai main-mainannya diden.. hahaha. entah. sekarang yang penting adalah bagaimana Duta Media Mardhika (selanjutnya ditulis sebagai DM Mardhika) yang awalnya hanya sekedar NAMA, Menjadi sebuah badan usaha yang running well.

Liat sana- liat sini, tanya sana - tanya sini. akhirnya saya melihat ada 3 hal yang harus disiapkan untuk DM Mardhika. Infrastrutur, SDM, Legal

1. Infrastruktur

Kondisi saat ini DM Mardhika beroperasi dan beralamat kantor dari Jl. Budi 131C, sekaligus sebagai tempat tinggal saya dan istri. alat kelengkapan kantor sebenarnya sangat minim. Saluran telepon masih menggunakan alat dan nomor ponsel pribadi saya, dan alhamdulillahnya telah hilang dengan sukses di A.Boy photocopy Center Dipati Ukur Bandung. nophone, no computer, no desk, only room with 1 set sofa.

maka infrastruktur yang harus disiapkan adalah

a. phone line 1 unit

b. Personal Computer 1 unit

c. Laptop 1 unit

d. Multifunction Machine Printer, Fax, Copier, Scanner. (recomended Xerox PE220/Canon Pixma mp530) 1 unit

e. Secretary Desk 1 unit

f. Internet access

g. paper, ballpoint, pencil. etc

h. Office room tentunya....

2. SDM

saya tidak mungkin selamanya meminta istri tercinta tuk menjadi sekretaris DM Mardhika. walau pun secara Quality and Performa are the best. buat saya terlalu mahal memposisikannya di DM Mardhika sebagai sekretaris. Kenapa, karena jabatannya sekarang sudah cukup membuat dia sibuk. yaitu sebagai Mahasisiwi yang sedang melakukan penelitian Tugas Akhir dan tentunya sebagai my soulmate mmmmhh..!

so, sekretaris 1 orang needed now

3. Legal

Saat ini saya sedang menimbang-nimbang apakah DM Mardhika berbentuk perusahaan perseorangan, atau Maatschap . namun yang jelas kepemilikan perusahaan ini adalah milik 1 orang pribadi saya sendiri. namun mengapa banyak orang membuat perusahaan dalam bentuk Comanditer Venootschap atau perseroan terbatas padahal secara de facto mereka adalah pemilik tunggal dari perusahaan itu. nah apakah bentuk legal perusahaan perorangan tidak mampu mengakomodir legalitas sebuah badan usaha dalam menjalankan usahanya? atau hanya merupakan sosial trend dikalangan pengusaha...?

2 comments:

Anonymous said...

so, siapin dong.. keep fight, bro!

Dany Aditya (Tochi) said...

wah.. ini deh mungkin bisa jadi referensi..

http://home.howstuffworks.com/home-office.htm

kalo menurut gw laptop dll dll, sih gampang aja diakalin, yang penting udah bisa ada dokumentasi, pake catatan manual dulu juga bisa. Toh dulu jaman-jaman belom ada komputer, kita bisa liat ada Ford corp, General Dynamics dll bisa jadi perusahaan yang multi nasional.
Jangan manja dengan alasan tak ada fasilitas lalu membenarkan diri untuk tidak maju. Kalo untuk prioritas pertama ,gw stuju ama yang di howstuffworks tentang home office, dan yang digaris bawahi adalah GET ORGANIZED!!.
Jika semuanya terorganisir dengan baik, menjalankannya akan lebih mudah, karena sudah ada 'rel'nya.

untuk diden dari seorang teman